Biotin

    Biotin atau dikenal sebagai vitamin B7, memegang peranan signifikan dalam proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Bisa didapat melalui konsumsi makanan dan suplemen, vitamin ini juga terkenal dengan sebutan vitamin H.

    Golongan obat: Suplemen vitamin Merek dagang: Bios Life C, Cernevit, Folimid, Hemaviton Stamina Plus, IPI B7, Purity Kids, Renovit Go, Soluvit N, Usana Vitox, Vivena-9, Wellwoman, Zamel

    Apa itu Biotin?

    Biotin adalah vitamin yang esensial untuk kesehatan, terutama untuk meningkatkan fungsi kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf. Sumber alami vitamin ini meliputi telur, hati sapi, dan salmon. Lantaran faktor seperti rokok atau alkohol dapat meningkatkan kebutuhan biotin, penggunaan suplemen adakalanya menjadi penting.

    Dosis Biotin

    Untuk memenuhi kebutuhan biotin, dosis yang dianjurkan berbeda untuk setiap individu, bergantung pada berbagai faktor termasuk umur dan kondisi kesehatan. Misalnya, untuk mengatasi kekurangan biotin, dosis yang umum bisa berkisar antara 5-20 mg per hari bagi dewasa dan anak-anak. Sebagai tindakan pencegahan, dosis untuk dewasa adalah hingga 2,5 mg dan 5-25 mcg untuk anak-anak setiap hari.

    Aturan Pakai Biotin

    Pastikan mengikuti petunjuk dokter atau label produk ketika mengonsumsi biotin. Biotin dalam bentuk suntik harus diberikan oleh tenaga medis profesional. Apabila terlupa meminum biotin, segera konsumsi sesaat setelah ingat kecuali jika waktunya sudah dekat dengan dosis selanjutnya. Penting untuk memperhatikan asupan makanan bergizi sebagai tambahan nutrisi dari suplemen.

    Efek Samping Biotin

    Walaupun relatif aman bila dikonsumsi sesuai anjuran, biotin bisa menyebabkan beberapa efek samping ringan, seperti:

    • Gangguan pencernaan
    • Diare Efek samping serius adalah jarang, namun segera konsultasi ke dokter jika mengalami reaksi alergi atau efek yang memburuk.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Biotin

    Sebelum menggunakan biotin, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan:

    • Informasikan dokter apabila memiliki alergi
    • Diskusikan riwayat medis, khususnya penyakit ginjal atau operasi lambung
    • Catat obat-obatan yang sedang dikonsumsi untuk menghindari interaksi
    • Hentikan kebiasaan merokok selama terapi biotin
    • Sampaikan kepada dokter apabila sedang menjalani tes lab
    • Beritahu dokter jika hamil, menyusui, atau berencana hamil

    Efek Biotin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Biotin dianggap aman untuk ibu hamil dan menyusui sesuai dengan kebutuhan gizi yang dianjurkan. Meski demikian, masih ada kekurangan bukti tentang keamanan biotin dalam dosis tinggi bagi kehamilan dan janin. Sebaiknya hindari konsumsi tanpa rekomendasi medis. Belum jelas jika biotin terserap ke dalam ASI, jadi dianjurkan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya saat menyusui.

    Interaksi Biotin dengan Obat Lain

    Konsumsi biotin dapat memicu interaksi dengan obat dan suplemen lain, seperti:

    • Penurunan biotin dalam tubuh bila digunakan dengan obat anti-epilepsi tertentu
    • Penurunan efektivitas biotin bersama asam valproat
    • Gangguan penyerapan biotin dan nutrisi lain bila dikombinasikan Konsumsi bersamaan dengan telur mentah juga dapat menghambat penyerapan biotin dari suplemen maupun makanan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait