Captodiame

    Captodiame adalah agen terapeutik untuk mengurangi ketegangan dan gangguan emosional. Obat ini bekerja pada sistem saraf pusat, mengendalikan perilaku dan perasaan.

    Golongan obat: Psikotropika Merek dagang: Capto

    Apa itu Captodiame?

    Captodiame digunakan sebagai penanganan untuk kondisi kecemasan. Obat ini beraksi mengatur fungsi otak yang berhubungan dengan emosi dan perilaku, sehingga dapat menstabilkan mood.

    Dosis Captodiame

    Penetapan dosis captodiame harus berdasarkan anjuran medis profesional. Untuk orang dewasa biasanya adalah tiga kali sehari, satu tablet per pemberian. Sedangkan untuk anak-anak berusia lebih dari 10 tahun, diberikan dua kali sehari dengan jumlah yang sama. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan 50 mg per tablet.

    Aturan Pakai Captodiame

    Penting untuk membaca petunjuk yang tersedia pada paket obat atau yang diberikan oleh apotek sebelum mengonsumsi captodiame. Segala kebingungan dalam pemakaian perlu dikonsultasikan ke dokter atau apoteker.

    Efek Samping Captodiame

    Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan captodiame meliputi:

    • Perubahan indra perasa
    • Kondisi mengantuk secara berlebihan di siang hari
    • Kesulitan tidur Efek samping lainnya juga mungkin terjadi. Konsultasikan kepada profesional kesehatan apabila terdapat kekhawatiran mengenai reaksi tertentu.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Captodiame

    Sebelum pemakaian, nilai jeli manfaat dan kemungkinan risiko dari captodiame bersama dokter anda. Konsultasikan segera jika merasakan gejala yang tidak biasa setelah penggunaan obat ini.

    • Gunakan secara hati-hati pada kondisi tertentu
    • Konsultasikan pada kasus kehamilan dan menyusui
    • Informasikan kondisi kesehatan yang lain kepada dokter

    Efek Captodiame untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Terdapat keterbatasan informasi mengenai tingkat keamanan captodiame bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui. Sebaiknya berdiskusi dengan dokter Anda untuk mengambil keputusan terinformasi terkait manfaat dan risiko.

    Interaksi Captodiame dengan Obat Lain

    Obat ini mungkin menyebabkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Pastikan untuk memberitahukan dokter Anda tentang setiap obat yang sedang dikonsumsi, termasuk yang tanpa resep. Pemantauan oleh dokter mungkin diperlukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

    Perhatikan juga potensi interaksi dengan makanan atau alkohol dan beri tahu dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain yang mungkin dipengaruhi oleh penggunaan obat ini.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait