Carmellose

    Carmellose biasa digunakan untuk meredakan keluhan mata kering yang dapat mengakibatkan merah, sakit, atau perasaan seperti terbakar di mata. Kondisi mata kering ini sering terjadi akibat faktor lingkungan, seperti angin kencang, penggunaan waktu lama di depan komputer atau ponsel, dan tinggal di ruangan dengan AC.

    Golongan obat: Air mata buatan Merek dagang: Cenfresh, CMC, CMC 2%

    Apa itu Carmellose?

    Carmellose merupakan carboxymethylcellulose yang berfungsi sebagai pengganti air mata untuk membantu melembapkan dan melunakkan permukaan mata kering. Obat ini juga efektif dalam meredakan iritasi yang diakibatkan oleh kondisi mata kering.

    Dosis Carmellose

    Direkomendasikan untuk meneteskan 1 tetes carmellose ke dalam mata yang membutuhkan, sebanyak 4 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan individu, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

    Aturan Pakai Carmellose

    Sebelum menggunakan carmellose, bersihkan tangan Anda. Miringkan kepala, tarik kelopak mata dan teteskan obat ke kantung mata. Tutup mata perlahan dan tekan ujung mata dekat dengan hidung untuk mencegah obat keluar lewat hidung. Jauhi kontak langsung botol obat dengan mata atau permukaan lain untuk menghindari kontaminasi.

    Efek Samping Carmellose

    Efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan carmellose termasuk:

    • Penglihatan yang kabur
    • Sensasi perih atau gatal pada mata
    • Mata tampak merah Hubungi dokter jika efek samping ini berlanjut atau memburuk, dan cari bantuan medis jika Anda mengalami efek samping yang serius atau reaksi alergi intens seperti nyeri mata, penglihatan terganggu, bengkak pada kelopak mata, ruam kulit, reaksi alergi di wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing berat, atau kesulitan bernapas.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Carmellose

    Perhatikan hal-hal berikut sebelum menggunakan carmellose:

    • Beritahu dokter tentang riwayat alergi
    • Diskusikan pengalaman iritasi atau alergi sebelumnya dari obat tetes mata
    • Beritahu dokter jika Anda pengguna lensa kontak
    • Hindari mengemudi setelah penggunaan karena bisa menyebabkan kaburnya penglihatan
    • Jangan beraktivitas yang memerlukan kejelasan pandangan segera setelah penggunaan
    • Informasikan dokter jika Anda menggunakan obat mata lain
    • Konsultasi bila terdapat reaksi alergi setelah penggunaan carmellose

    Efek Carmellose untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Carmellose umumnya dianggap aman untuk ibu hamil, namun konsultasi dengan dokter tetap disarankan untuk memastikan keamanan penggunaannya. Bagi ibu menyusui, carmellose dapat terserap ke dalam ASI dalam jumlah yang sangat sedikit dan dianggap aman untuk digunakan.

    Interaksi Carmellose dengan Obat Lain

    Carmellose jarang menyebabkan interaksi dengan obat lain. Namun penggunaan bersama dengan obat tetes mata lainnya perlu diatur waktu pemberiannya. Beri jarak setidaknya 5 menit antara penggunaan obat tetes mata ini dengan jenis obat mata lainnya, dan jika ada penggunaan salep mata, gunakan terlebih dahulu tetes mata untuk menjaga efektivitasnya.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait