Chondroitin

    Chondroitin merupakan komponen alami yang ditemukan dalam tulang rawan, termasuk pada area persendian. Suplemen chondroitin sering digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit pada sendi yang disebabkan oleh peradangan, khususnya osteoarthritis.

    Golongan obat: Suplemen Merek dagang: Cartiflex, Dioste, Flexor, Glosmin, Hemaviton Joint Care Max, Jointmax, Limove, Nature's Health Joint Health, Osteokom, Osteomax, Rebone, Vostem

    Apa itu Chondroitin?

    Chondroitin adalah senyawa yang berada di dalam tulang rawan dan mempunyai peran penting sebagai penyangga antar tulang pada persendian. Pada kondisi seperti osteoarthritis dimana tulang rawan rusak atau menipis, chondroitin bisa membantu dalam mengurangi rasa nyeri di sendi. Suplemen ini kerap dikombinasikan dengan glucosamine, yang sama-sama merupakan komponen penting dari tulang rawan.

    Dosis Chondroitin

    Chondroitin disediakan dalam bentuk tablet, kaplet, dan serbuk, dengan dosis yang perlu disesuaikan berdasarkan komponen tambahan lainnya. Dosis untuk dewasa biasanya adalah 800--2000 mg setiap hari, yang dapat dipecah menjadi beberapa jadwal konsumsi. Perlu memerhatikan dosis yang tertera pada label produk dan konsultasi kepada dokter.

    Aturan Pakai Chondroitin

    Sebelum mengonsumsi, penting memperhatikan petunjuk yang disertakan pada kemasan atau mengikuti rekomendasi dari dokter Anda. Dianjurkan untuk tidak mengubah dosis sendiri dan konsumsi setelah makan untuk efektivitas yang lebih baik. Kesabaran juga dibutuhkan karena efek dari penggunaan chondroitin dalam meredakan nyeri sendi seringkali baru terasa setelah penggunaan rutin selama beberapa bulan.

    Efek Samping Chondroitin

    Pada beberapa individu, chondroitin dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti:

    • Gangguan pada lambung
    • Perut terasa kembung
    • Mual
    • Diare atau sembelit

    Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika mengalami efek samping yang berkepanjangan atau malah bertambah parah.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Chondroitin

    Beberapa perhatian sebelum mengonsumsi chondroitin, antara lain:

    • Hindari jika alergi terhadap kandungan obat ini
    • Berdiskusi dengan dokter terkait riwayat asma atau kanker prostat
    • Konsultasi saat kehamilan, menyusui, atau merencanakan kehamilan
    • Beritahu dokter mengenai penggunaan obat lain untuk mencegah interaksi yang merugikan
    • Segera cari bantuan medis apabila terjadi reaksi alergi

    Efek Chondroitin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Chondroitin berada dalam kategori C terkait keamanannya bagi ibu hamil atau janin, yang berarti belum ada cukup data yang mendukung keamanannya. Jangan mengonsumsi obat ini selama masa kehamilan dan menyusui tanpa rekomendasi dari dokter.

    Interaksi Chondroitin dengan Obat Lain

    Chondroitin dapat memiliki interaksi dengan obat tertentu yang bisa meningkatkan risiko memar dan perdarahan atau perdarahan saluran cerna seperti:

    • Bersamaan dengan warfarin
    • Dengan penggunaan OAINS seperti ibuprofen

    Adalah penting untuk selalu berkonsultasi ke dokter seputar penggunaan obat-obat lain yang mungkin berinteraksi dengan chondroitin.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait