Clocortolone

    Clocortolone adalah zat aktif yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan kulit seperti gatal, kemerahan, dan bengkak yang kerap muncul pada kondisi eksim, dermatitis kontak, atau reaksi alergi. Obat ini umumnya diproduksi dalam bentuk krim untuk penggunaan topikal.

    Golongan obat: kortikosteroid Merek dagang: -

    Apa itu Clocortolone?

    Clocortolone adalah jenis kortikosteroid yang bertindak sebagai anti-inflamasi untuk meredakan kondisi peradangan pada kulit serta menekan respons kekebalan tubuh yang berlebihan. Dengan penggunaan yang tepat, clocortolone efektif mengurangi gejala iritasi kulit yang disebabkan oleh berbagai kondisi dermatologis.

    Dosis Clocortolone

    Dalam penggunaan clocortolone, dosis yang diaplikasikan harus sesuai dengan anjuran medis. Untuk kasus eksim dan dermatitis, oleskan clocortolone pada area kulit yang terkena dengan pengulangan sebanyak tiga kali sehari. Gosok krim secara merata sampai terserap dengan baik ke kulit.

    Aturan Pakai Clocortolone

    Gunakan clocortolone sesuai dengan arahan yang tertera pada label obat atau sesuai petunjuk dokter. Oleskan hanya pada daerah kulit yang memerlukan perawatan, dan hindari pemakaian dekat mata, hidung, atau mulut. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikan krim. Jika ada sesi penggunaan yang terlewat, lanjutkan secepatnya kecuali waktu berikutnya telah dekat, dalam hal ini, lewatkan dosis yang terlewat tersebut.

    Efek Samping Clocortolone

    Pada umumnya, efek samping clocortolone hanya terjadi pada area lokal yang diolesi krim, di antaranya adalah:

    • Kemerahan
    • Bengkak
    • Iritasi
    • Perubahan pigmentasi kulit Namun, dalam kasus jarang, efek samping yang lebih serius juga bisa muncul, seperti penurunan berat badan, luka yang lambat sembuh, gangguan siklus menstruasi, perubahan suasana hati, kelelahan, folikulitis, stretch mark, kelemahan otot, mual, dan diare. Segera hubungi dokter jika terjadi efek samping atau reaksi alergi.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Clocortolone

    Sebelum memulai penggunaan clocortolone, ada beberapa perhatian yang harus diperhatikan:

    • Hindari penggunaan jika memiliki alergi terhadap krim ini.
    • Jangan diaplikasikan pada kulit yang luka atau terinfeksi.
    • Tidak dianjurkan untuk membalut area yang diolesi krim tanpa rekomendasi dokter.
    • Informasikan kepada dokter tentang kehamilan atau rencana hamil.
    • Pantau tumbuh kembang anak jika sedang menjalani pengobatan dengan krim ini.
    • Diskusikan historis kondisi medis lain yang mungkin relevan dengan dokter.

    Efek Clocortolone untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Krim clocortolone termasuk dalam Kategori C untuk penggunaan pada masa kehamilan, yang berarti risiko potensial terhadap janin dapat saja terjadi, meskipun belum ada bukti kuat dari studi terkontrol pada wanita hamil. Jika Anda sedang menyusui, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini karena belum diketahui apakah clocortolone dapat berpindah melalui ASI atau tidak.

    Interaksi Clocortolone dengan Obat Lain

    Interaksi obat clocortolone dengan obat-obat lain belum sepenuhnya diketahui. Oleh karenanya, sangat penting untuk memberi tahu dokter tentang semua obat yang sedang digunakan, termasuk suplemen dan produk herbal, untuk menghindari kemungkinan efek interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait