Colchicine

    Colchicine digunakan sebagai pengobatan dalam meredakan ataupun mencegah rasa sakit yang timbul dari kondisi asam urat atau dikenal sebagai gout. Selain itu, obat ini dapat diaplikasikan dalam pengelolaan kondisi genetik kronis yang dikenal sebagai demam familial Mediterania (FMF).

    Golongan obat: Obat antiinflamasi nonsteroid Merek dagang: Ar-gout, Colchicine, Colcitine, Frigout, Kolsin, L-Cisin, Nucine, Pyricin, Recolfar

    Apa itu Colchicine?

    Colchicine adalah obat yang berfungsi untuk meredakan peradangan akibat peningkatan kadar asam urat yang menyebabkan gout, khususnya pada sendi ibu jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Obat ini juga efektif dalam mencegah rasa sakit pada dada, perut, dan sendi yang biasa terjadi pada demam familial Mediterania (FMF) dengan mengurangi akumulasi protein amiloid A. Perlu diperhatikan bahwa colchicine hanya ditujukan untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh gout dan FMF, bukan untuk kondisi nyeri lainnya.

    Dosis Colchicine

    Colchicine memiliki dosis yang berbeda berdasarkan tujuannya. Untuk meredakan serangan gout pada dewasa, dosis awalnya antara 1-1,2 mg, diikuti dengan dosis 0,5-0,6 mg setelah satu jam. Dosis maksimal yang diperbolehkan adalah 0,5 mg setiap 8 jam hingga gejala mereda atau telah mencapai total 6 mg. Untuk pencegahan gout, dosis yang dianjurkan adalah 0,5-0,6 mg, satu hingga dua kali sehari dengan batas maksimal 1,2 mg per hari. Sementara untuk pengobatan FMF pada dewasa dan anak-anak, dosisnya berkisar dari 0,3 mg hingga 2,4 mg per hari, tergantung usia dan kondisi pasien.

    Aturan Pakai Colchicine

    Colchicine harus digunakan sesuai dengan arahan dokter dan petunjuk yang tertera pada kemasan. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan dengan dibantu air putih. Penting untuk segera menggunakan obat ketika muncul gejala pertama, agar efektivitas pengobatan dapat dinikmati secara optimal. Konsumsi dosis tambahan hanya dilakukan atas petunjuk dokter, terutama ketika nyeri sendi masih dirasakan setelah satu jam. Jika merasa lupa, konsumsilah colchicine begitu ingat, kecuali jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya.

    Efek Samping Colchicine

    Colchicine dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti:

    • Mual atau muntah
    • Diare
    • Kram perut atau sakit perut

    Konsultasi dengan dokter apabila mengalami efek samping tersebut atau jika terjadi efek samping yang serius dan terkait dengan alergi obat. Beberapa efek samping yang mendesak untuk pergi ke dokter termasuk nyeri otot, kesemutan, kesulitan buang air kecil, memar dengan mudah, demam, serta gejala lain yang menunjukkan reaksi alergi obat.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Colchicine

    Berhati-hatilah dalam menggunakan colchicine dan selalu ikuti petunjuk dokter, terutama jika Anda:

    • Memiliki alergi
    • Menderita gagal ginjal atau penyakit hati
    • Sedang menggunakan obat lain
    • Mengonsumsi minuman beralkohol

    Selalu beritahu dokter jika Anda hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan, dan jika Anda memiliki rencana untuk menjalani operasi.

    Efek Colchicine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Kategori C untuk ibu hamil artinya belum ada studi terkontrol pada manusia, namun percobaan pada binatang menunjukkan adanya efek samping pada janin, sehingga hanya boleh digunakan ketika sangat diperlukan dan manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Colchicine dapat terserap ke dalam ASI. Jadi, ibu menyusui harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

    Interaksi Colchicine dengan Obat Lain

    Colchicine mungkin bergesekan dengan obat-obatan lain dalam bentuk interaksi yang dapat mempengaruhi efektivitas dan keselamatan penggunaannya, termasuk:

    • Obat yang mengganggu penyerapan vitamin B12
    • Obat statin, fibrat, dan digoxin yang meningkatkan risiko miopati dan rhabdomyolisis

    Selalu catat obat apa saja yang sedang Anda gunakan dan konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi colchicine.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait