Fluorescein

    Golongan obat: Diagnosis Merek dagang: AK-FLUOR

    Apa itu Fluorescein?

    Fluorescein merupakan zat yang dibutuhkan untuk prosedur angiografi fluorescein. Zat ini berguna dalam pengamatan kondisi fundus dan vaskularisasi iris mata.

    Dosis Fluorescein

    Berbagai dosis fluorescein diterapkan tergantung kebutuhan diagnosa, termasuk penggunaan oral untuk eksokrin pankreas, intravena untuk angiografi pembuluh darah retina dan iris, serta oftalmik untuk deteksi lesi dan bantuan pemasangan lensa kontak.

    Aturan Pakai Fluorescein

    Fluorescein diberikan melalui ineksi intravena dengan hati-hati untuk menghindarkan ekstravasasi. Menggunakan jarum tersambung ke suntikan yang berisi AK-FLUOR, pengguna harus mengamati adanya tonjolan sebelum melanjutkan pemberian obat. Selain itu, reduksi dosis mungkin diperlukan bila alat pencitraan yang lebih sensitif digunakan.

    Efek Samping Fluorescein

    Efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan fluorescein mencakup:

    • Nausea
    • Sakit kepala
    • Gangguan pencernaan
    • Pingsan
    • Muntah
    • Tekanan darah rendah
    • Tanda-tanda hipersensitivitas Tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut, konsultasikan dengan dokter jika terdapat kekhawatiran.

    Peringatan dan Perhatian Obat Fluorescein

    Sebelum mengonsumsi fluorescein, penting untuk memberitahu dokter mengenai hipersensitivitas terhadap komponen obat ini.

    Efek Fluorescein untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Kategori risiko kehamilan oleh FDA adalah C, dimana belum ada riset yang cukup mengenai penggunaannya pada ibu hamil dan menyusui. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaan.

    Interaksi Fluorescein dengan Obat Lain

    Catatlah semua obat yang digunakan dan diskusikan dengan dokter untuk menghindari interaksi yang dapat meningkatkan risiko efek samping atau mengubah kinerja obat.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait