Fosfestrol

    Fosfestrol adalah agen hormonal yang digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu, khususnya kanker prostat.

    Golongan obat: Agen kemoterapi hormonal Merek dagang: masih perlu diteliti lebih lanjut untuk pasar Indonesia

    Apa itu Fosfestrol?

    Fosfestrol termasuk ke dalam kelas agen kemoterapi hormonal yang dipraktikkan dalam pengobatan neoplasma ganas, dengan fokus utama sebagai terapi pada kanker prostat. Obat ini dapat diaplikasikan baik dalam bentuk tablet oral maupun sebagai solusi injeksi yang diadministrasikan oleh petugas kesehatan.

    Dosis Fosfestrol

    Dosis fosfestrol harus dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda. Untuk orang dewasa, dokter akan memberikan aturan dosis yang harus dipatuhi. Adapun dosis untuk anak-anak belum ditentukan dan harus dengan hati-hati dikonsultasikan dengan profesional kesehatan. Fosfestrol tersedia dalam bentuk tablet dengan konsentrasi 120 mg.

    Cara Penggunaan Fosfestrol

    Fosfestrol sebaiknya digunakan sesuai petunjuk dokter atau apoteker dan dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Selain itu, obat ini juga tersedia dalam bentuk cair untuk injeksi yang diberikan oleh tenaga kesehatan ke dalam pembuluh darah. Obat harus disimpan pada suhu ruangan, terhindar dari cahaya langsung dan kelembapan.

    Efek Samping Fosfestrol

    Meski tidak semua orang mengalami efek samping, beberapa yang mungkin terjadi antara lain:

    • Mual
    • Retensi cairan (edema)
    • Trombosis arteri dan vena
    • Impoten
    • Pembesaran dada pada pria
    • Perdarahan
    • Peningkatan kadar kalsium dalam darah dan sakit tulang Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda merasa khawatir mengenai efek samping tertentu.

    Peringatan dan Perhatian saat Menggunakan Fosfestrol

    Penting untuk menginformasikan dokter mengenai kondisi berikut sebelum menggunakan fosfestrol:

    • Hipersensitivitas terhadap fosfestrol
    • Neoplasia yang bergantung pada estrogen pada pria
    • Tromboflebitis aktif Selalu perhatikan instruksi penyimpanan yang diberikan pada kemasan dan jauhkan dari anak-anak serta hewan peliharaan.

    Konsumsi Fosfestrol oleh Ibu Hamil dan Menyusui

    Tidak ada bukti penelitian yang cukup terkait penggunaan fosfestrol oleh ibu hamil dan menyusui. Obat ini dikategorikan sebagai risiko kehamilan kategori X oleh FDA, yang berarti kontraindikatif. Selalu konsultasi dengan dokter Anda untuk menimbang manfaat dan risiko sebelum penggunaan.

    Interaksi Fosfestrol dengan Obat Lain

    Interaksi yang mungkin terjadi saat penggunaan fosfestrol harus selalu dikonsultasikan dengan dokter Anda. Simpan catatan obat-obatan yang sedang dan telah Anda gunakan untuk diinformasikan kepada dokter. Selain itu, kondisi kesehatan seperti gangguan kardiovaskular, kerusakan hati, diabetes, dan hipertensi juga dapat berinteraksi dengan fosfestrol. Hindari penggunaan alkohol atau tembakau saat mendapat pengobatan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait