Fucoidan

    Fucoidan dikenal sebagai suplemen yang dapat membantu menjaga kondisi lambung. Seringkali produk ini dijadikan terapi pelengkap dalam pengobatan ulkus lambung atau gastritis.

    Golongan obat: - Merek dagang: Colidan, Fastro, Fuco, Fucobac, Fucohelix, Fucoidan, Fucoidan MPL, Fucotrap, Fudan, Health+Care Dancare, Mozuku, Unihealth Gastrimag.

    Apa itu Fucoidan?

    Fucoidan adalah polisakarida yang terutama terdapat pada spesies rumput laut berwarna cokelat, serta ditemukan pada organisme laut lain seperti bulu babi dan teripang. Komponen ini diketahui dapat meredakan inflammasi atau peradangan pada lambung (gastritis), serta melindungi lambung dari efek negatif infeksi Helicobacter pylori. Fucoidan juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan, menjadikannya prebiotik yang baik untuk kesehatan usus.

    Dosis Fucoidan

    Fucoidan datang dalam berbagai bentuk sediaan, yaitu kapsul dan sirop. Dosis standar fucoidan adalah sebagai berikut:

    • Fucoidan kapsul: Biasanya dimakan menjadi 50 mg dua kali per hari, atau 100 mg sekali sehari.
    • Fucoidan sirop (100 mg/15 ml): Dosis 100 mg dapat diminum sekali sehari atau dibagi menjadi dua dosis.

    Aturan Pakai Fucoidan

    Sebelum mengonsumsi fucoidan, penting untuk membaca informasi pada kemasan atau mengikuti anjuran dokter. Apabila Anda memiliki ketidakpastian ataupun kondisi kesehatan khusus, diskusi dengan dokter adalah langkah yang tepat. Fucoidan lebih baik dikonsumsi saat perut kosong dan kapsul harus diminum bersama air putih. Untuk sirop, kocok dulu botolnya dan gunakan gelas ukur untuk dosis yang tepat. Simpan fucoidan di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari.

    Efek Samping Fucoidan

    Fucoidan jarang menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi sesuai aturan, tetapi beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti diare, yang cenderung mereda setelah menghentikan konsumsi. Jika mengalami reaksi alergi seperti pembengkakan di wajah atau kesulitan bernapas, segera periksakan ke dokter.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Fucoidan

    Mengkonsumsi fucoidan membutuhkan kehati-hatian khusus terutama pada situasi berikut ini:

    • Jika ada alergi terhadap komponen fucoidan.
    • Jika sedang menjalani pengobatan dengan obat antikoagulan.
    • Memberitahu dokter tentang semua obat yang sedang dikonsumsi untuk menghindari interaksi obat.
    • Berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan fucoidan selama masa kehamilan dan menyusui, dan setelah mengalami reaksi alergi.

    Efek Fucoidan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Fucoidan belum dikategorikan untuk penggunaan ibu hamil atau menyusui, oleh karena itu belum tersedia data yang cukup terkait hal ini. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi fucoidan dalam kondisi tersebut.

    Interaksi Fucoidan dengan Obat Lain

    Fucoidan memiliki potensi interaksi obat, khususnya dengan obat yang memiliki efek antikoagulan, seperti warfarin dan heparin, yang dapat meningkatkan risiko perdarahan. Untuk mencegah interaksi yang tidak diinginkan, Guna mencegah efek interaksi lain, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika akan menggunakan fucoidan bersama suplemen, produk herbal, atau obat-obatan lain.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait