Fulcin

    Fulcin merupakan obat oral yang dikenal efektif dalam memerangi infeksi jamur pada tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan utama griseofulvin dalam setiap tabletnya.

    Golongan obat: Antijamur Merek dagang: Fulcin

    Apa itu Fulcin?

    Fulcin beraksi dengan merangsang pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku yang sehat untuk mencegah penyebaran jamur. Jaringan yang sudah terinfeksi perlahan akan digantikan oleh jaringan baru yang sehat. Fulcin efektif untuk merawat infeksi jamur pada kulit, kulit kepala, dan kuku. Termasuk mampu mengobati kutu air, selangkangan, dan infeksi jamur lainnya. Obat ini merupakan obat keras yang membutuhkan resep dokter.

    Dosis Fulcin

    Memastikan dosis yang tepat penting saat menggunakan Fulcin. Dokter menentukan dosis berdasarkan kondisi medis dan respons pasien terhadap terapi ini. Untuk onikomiosis baik di tangan maupun kaki, dewasa umumnya diberikan dosis hingga 1000 mg yang dibagi menjadi beberapa kali peminum dalam sehari. Sementara itu, dosis untuk infeksi jamur lainnya di kulit kepala atau area lainnya bisa berkisar 500 mg per hari sesuai dengan kondisi. Pemberian dosis pada anak-anak dijadwalkan 10 mg/kg berat badan dan tidak melebihi 1000 mg per hari. Fulcin tersedia dalam tablet 125 mg dan 500 mg.

    Aturan Pakai Fulcin

    Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, ikuti aturan pakai yang dikonsultasikan oleh dokter Anda. Fulcin dapat dikunyah sebelum ditelan dan sebaiknya diminum setelah makan untuk meningkatkan penyerapannya, terutama bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Jangan berhenti mengonsumsi fulcin meskipun telah merasa membaik, kecuali atas petunjuk dokter.

    Efek Samping Fulcin

    Berbagai efek samping bisa timbul saat menggunakan Fulcin, termasuk:

    • Sensitivitas kulit terhadap sinar matahari meningkat
    • Pusing dan kebingungan
    • Kelelahan
    • Mati rasa pada anggota badan Namun, bila efek samping serius terjadi seperti kuning pada kulit, urine gelap, atau kesulitan bernapas, segera cari perawatan medis.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Fulcin

    Beberapa catatan perlu dipertimbangkan saat menggunakan Fulcin, antara lain:

    • Hindari Fulcin bila alergi terhadap komponennya atau mengalami kehamilan
    • Dapat menyebabkan kantuk, berhati-hatilah bila perlu berkonsentrasi
    • Tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 2 tahun atau berat badan dibawah 15 kg

    Efek Fulcin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Fulcin dikategorikan sebagai risiko kehamilan kategori X menurut FDA, yang berarti tidak boleh digunakan selama kehamilan ataupun saat merencanakan kehamilan karena risiko cacat lahir yang tinggi pada bayi. Pasien menyusui juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi Fulcin.

    Interaksi Fulcin dengan Obat Lain

    Interaksi obat dapat mempengaruhi efektivitas Fulcin atau menimbulkan efek samping, beberapa di antaranya adalah:

    • Pil kontrasepsi
    • Fenilbutazon
    • Fenobarbitone
    • Ciclosporin
    • Warfarin Pastikan untuk memberikan informasi lengkap tentang semua obat yang Anda konsumsi kepada dokter Anda untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait