Gliserol Topikal

    Gliserol topikal merupakan emolien yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatasi iritasi ringan. Yang sering digunakan adalah dalam bentuk krim, untuk meredakan gejala penyakit kulit seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis.

    Golongan obat: Emolien dan pelindung kulit Merek dagang: Biocream

    Apa itu Gliserol Topikal?

    Gliserol topikal adalah sebuah emolien yang digunakan untuk mempertahankan kelembaban kulit dengan mencegah kekeringan serta iritasi kulit. Gliserol topikal mempunyai mekanisme kerja dengan membentuk lapisan tipis berminyak pada permukaan kulit, yang membantu mengunci kelembapan serta melepas sel-sel kulit yang telah mati.

    Dosis Gliserol Topikal

    Terdapat dalam konsentrasi 25% atau 40%, gliserol topikal dioleskan dengan dosis seukuran ujung jari telunjuk, diaplikasikan pada area kulit yang bermasalah sebanyak 2 sampai 3 kali per hari. Dosis untuk anak-anak dapat sama dengan orang dewasa.

    Aturan Pakai Gliserol Topikal

    Ikuti arahan dokter dan baca petunjuk pada kemasan gliserol topikal sebelum menggunakannya. Aplikasikan secara rutin di waktu yang sama setiap hari, hanya pada area kulit yang mengalami masalah. Hindari area sensitif seperti mata dan mulut, serta kulit yang teriritasi atau terluka. Beberapa produk mungkin memerlukan pengocokan atau pencampuran dengan air sebelum digunakan.

    Efek Samping Gliserol Topikal

    Efek samping gliserol topikal yang mungkin terjadi antara lain:

    • Sensasi panas atau menyengat di kulit
    • Kemerahan pada kulit
    • Iritasi pada kulit
    • Kulit menjadi terlalu basah atau berubah warna Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi efek samping yang tidak kunjung membaik atau semakin parah, serta reaksi alergi akibat penggunaan produk ini.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Gliserol Topikal

    Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikan gliserol topikal, di antaranya:

    • Jangan gunakan jika Anda alergi terhadap gliserol topikal
    • Diskusikan dengan dokter jika memiliki masalah dehidrasi, jantung, atau ginjal
    • Berkonsultasi tentang penggunaan produk pada luka terbuka atau infeksi kulit
    • Pilih produk non-komedogenik jika mengalami jerawat
    • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit selama pengobatan dengan gliserol topikal
    • Informasikan riwayat kesehatan Anda pada dokter, termasuk penggunaan obat lain

    Efek Gliserol Topikal untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Gliserol topikal belum dikategorikan dengan baik terkait keamanannya selama kehamilan dan menyusui. Belum ada informasi yang pasti mengenai penyerapan gliserol dalam ASI. Oleh karena itu, ibu yang menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

    Interaksi Gliserol Topikal dengan Obat Lain

    Sampai saat ini, tidak terdapat informasi lengkap mengenai interaksi gliserol topikal dengan obat-obatan lain. Untuk menghindari kemungkinan risiko, penting bagi pasien untuk memberi tahu dokter tentang semua obat, suplemen atau produk herbal yang sedang dikonsumsi sebelum memulai pengobatan dengan gliserol topikal.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait