Gramicidin

    Gramicidin umumnya digunakan untuk merawat infeksi yang disebabkan oleh bakteri, terutama yang terjadi di daerah orofaring, seperti tonsilitis atau faringitis.

    Golongan obat: Antibiotik Merek dagang: FG Troches Meiji

    Apa itu Gramicidin?

    Gramicidin berperan sebagai senjata melawan bakteri di rongga mulut dan tenggorokan. Obat ini merintangi proses reproduksi dan kelangsungan hidup bakteri, sehingga infeksi dapat diatasi. Dalam praktik medis, sering kali digunakan bersamaan dengan antibiotik lainnya seperti neomycin untuk meningkatkan keefektifannya. Namun, perlu diingat bahwa gramicidin tidak efektif terhadap infeksi virus yang sering menjadi penyebab utama radang tenggorokan.

    Dosis dan Aturan Pakai Gramicidin

    Dalam mengobati kondisi yang terkait dengan infeksi bakteri seperti radang tenggorokan, gramicidin sering dikombinasi dengan neomycin. Berikut adalah dosis berdasarkan usia pasien:

    • Dewasa: 1 sampai 2 mg, diminum 4 sampai 5 kali sehari, selama 2 hingga 4 hari
    • Anak-anak: 1 mg, diminum 4 sampai 5 kali sehari, selama 2 hingga 4 hari

    Cara Mengonsumsi Gramicidin dengan Benar

    Untuk penggunaan yang optimal, patuhi saran medis yang diberikan oleh dokter Anda dan baca instruksi pada kemasan. Jangan mengatur dosis secara mandiri. Konsumsilah gramicidin baik sebelum atau sesudah makan, dengan mengisap tablet sampai larut, serta memastikan konsumsi air yang cukup. Jaga interval waktu yang tepat antara pengambilan dosis dan simpan obat di tempat yang sejuk, kering, serta terlindungi dari paparan sinar matahari.

    Efek Samping Gramicidin

    Efek samping yang mungkin dialami setelah menggunakan gramicidin termasuk:

    • Rasa mual
    • Kehilangan nafsu makan
    • Rasa sakit di perut atau diare

    Konsultasikan dengan dokter apabila efek samping berlanjut atau bertambah parah. Segera temui bantuan medis jika terjadi gejala alergi obat seperti ruam, kesulitan bernapas, atau pembengkakan pada area wajah.

    Peringatan Sebelum Mengonsumsi Gramicidin

    Berbagai tindak hati-hati dan peringatan harus disimak sebelum penggunaan gramicidin, yakni:

    • Informasikan dokter jika Anda memiliki alergi terhadap gramicidin atau antibiotik tertentu lainnya.
    • Diskusi dengan dokter apabila Anda memiliki kesulitan dalam menelan, tidak bisa membuka mulut lebar, atau mengalami pembengkakan pada leher dan wajah.
    • Beritahu profesional kesehatan mengenai semua obat yang sedang dikonsumsi untuk menghindari interaksi obat.
    • Informasikan kondisi kehamilan atau menyusui kepada dokter.
    • Segera hubungi dokter bila efek samping serius atau reaksi alergi obat muncul.

    Efek Gramicidin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Pada kategori C untuk penggunaan oleh ibu hamil, hal ini menunjukkan bahwa belum ada bukti memadai yang menggambarkan keamanan gramicidin pada kehamilan dan janin. Namun, karena gramicidin bekerja lokal dan tidak banyak terserap ke dalam darah, pengaruhnya terhadap janin cenderung kecil. Meski begitu, ibu hamil disarankan untuk menghindari penggunaan gramicidin kecuali atas rekomendasi dokter. Sementara untuk ibu menyusui, dikarenakan kapasitas absorbsinya yang minim, dampak terhadap ASI pun tidak signifikan. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan gramicidin.

    Interaksi Gramicidin dengan Obat Lain

    Interaksi spesifik dari gramicidin dengan obat lain belum sepenuhnya diketahui. Guna menghindari kemungkinan interaksi obat yang berpotensi berbahaya, penting bagi pasien untuk memberi tahu dokter tentang semua obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang dikonsumsi sebelum memulai pengobatan dengan gramicidin.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait