Hypromellose

    Hypromellose sering diaplikasikan sebagai solusi ketika mata mengalami kekeringan, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti mata merah, gatal, atau terasa perih. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan layar gadget yang berlebihan, terkena angin dari AC, atau sebagai efek samping perawatan kesehatan tertentu.

    Golongan obat: Air mata buatan Merek dagang: Braito Dry Eyes, Braito Tears, Cendo Asthenof, Eyefresh, Eyefresh Mild, Eyefresh Plus, Insto Dry Eyes, Isotic Tearin, Lubricen, Sanbe Tears, Tears Naturale II

    Apa itu Hypromellose?

    Hypromellose, dikenal pula sebagai hydroxypropyl methylcellulose, merupakan pengobatan yang berbentuk tetes mata dan dikenal sebagai air mata buatan. Hypromellose tidak hanya digunakan untuk meringankan gejala mata kering, namun juga efektif dalam melembabkan lensa kontak yang keras dan berfungsi sebagai pelumas mata buatan.

    Dosis Hypromellose

    Secara umum, dosis untuk hypromellose adalah 1–2 tetes yang ditujukan ke mata yang memerlukan pengobatan, aplikasikan sebanyak tiga kali sehari atau sesuai dengan keperluan.

    Cara Menggunakan Hypromellose dengan Benar

    Penerapan tetes mata hypromellose harus sesuai dengan arahan dokter atau petunjuk pada kemasan. Saat meneteskan, condongkan kepala ke belakang, tarik pelan kelopak mata bawah, dan tekan botol supaya obat menetes ke mata, kemudian pejamkan mata untuk beberapa waktu. Hindari kontak langsung antara ujung botol dengan mata atau kulit untuk mencegah kontaminasi. Perlu diperhatikan, sejumlah produk hypromellose yang mengandung benzalkonium klorida dinilai dapat menyebabkan iritasi mata jika digunakan berkelanjutan, serta berpotensi mengubah warna lensa kontak lunak. Bila penggunaan hypromellose berkelanjutan tidak memberikan perbaikan gejala, segera konsultasikan dengan dokter.

    Efek Samping Hypromellose

    Penggunaan hypromellose bisa diikuti oleh beberapa efek samping seperti penglihatan yang sempat kabur dan sensasi terbakar yang ringan di mata. Jika efek samping bertahan atau semakin parah, disarankan untuk segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter.

    • Pandangan kabur sementara
    • Rasa perih ringan pada mata

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Hypromellose

    Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan hypromellose, antara lain:

    • Jangan menggunakan jika alergi terhadap komponen obat ini
    • Beritahu riwayat alergi atau iritasi pada tetes mata kepada dokter
    • Beberapa aktivitas seperti berkendara sebaiknya dihindari segera setelah penggunaan karena dapat menimbulkan pandangan buram
    • Informasikan penggunaan obat tetes mata lain kepada dokter
    • Kabarkan kepada dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan
    • Cari bantuan medis jika terjadi reaksi alergi pasca penggunaan

    Efek Hypromellose untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Hypromellose masuk dalam kategori A untuk penggunaan oleh ibu hamil, yang berarti risiko penyerapan ke dalam darah sangat minimal dan tidak membahayakan janin. Sementara itu, penyerapan ke dalam ASI juga sangat kecil dan tidak perlu dikhawatirkan sehingga aman digunakan oleh ibu menyusui.

    Interaksi Hypromellose dengan Obat Lain

    Penggunaan obat tetes mata hypromellose bersamaan atau terlalu dekat waktu dengan obat mata lain dapat menunda efek dari obat lain tersebut. Berikan jarak waktu minimal 5–15 menit antara penggunaan obat mata ini dengan obat lain untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait