Insulin Degludec

    Insulin degludec merupakan perlakuan farmakologi yang dirancang khusus untuk pasien diabetes melitus. Medikasi ini bekerja dengan memperbaiki kontrol glikemik melalui mekanisme aksi insulin sintetis.

    Golongan obat: Insulin long-acting Merek dagang: Tresiba

    Apa itu Insulin Degludec?

    Insulin degludec adalah insulin buatan yang bertindak lama, yang berperan dalam manajemen diabetes melitus yang sudah didiagnosis lebih dari satu tahun, untuk meningkatkan kontrol kadar gula dalam darah. Bertindak serupa dengan insulin alami yang dihasilkan tubuh, obat ini mengoptimalkan penyerapan glukosa oleh sel-sel dan jaringan adiposa serta mengurangi produksi gula oleh hati. Insulin degludec tidak dimaksudkan untuk terapi diabetes ketosisidosis atau untuk anak-anak yang memerlukan dosis di bawah lima unit.

    Dosis Insulin Degludec

    Dosis insulin degludec berbeda-beda, tergantung pada tipe diabetes, sejarah pengobatan insulin serta berat badan pasien. Untuk orang dewasa dengan diabetes tipe 1 yang belum pernah menggunakan insulin, dosis awal yang diberikan adalah sepertiga hingga setengah dari total dosis harian insulin. Pendekatan dosis serupa berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa dengan diabetes tipe 2, serta bagi mereka yang sudah pernah mendapat terapi insulin.

    Aturan Pakai Insulin Degludec

    Injeksi insulin degludec diberikan ke dalam jaringan subkutan. Hindari menyuntikkan insulin degludec berulang kali pada area yang sama untuk mencegah lipodistrofi. Tempat injeksi dapat bervariasi, antara area perut, paha ataupun lengan atas, dan tidak boleh disuntikkan langsung ke pembuluh darah. Penting untuk tidak mengkombinasikan langsung dalam satu suntikan dengan insulin jenis lain, dan selalu ikuti petunjuk penggunaan serta konsultasi dengan dokter Anda.

    Efek Samping Insulin Degludec

    Efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan insulin degludec termasuk reaksi alergi, hipoglikemia, dan lipodistrofi akibat penyuntikan insulin yang berulang di tempat yang sama. Reaksi hiperglikemia, yang ditandai dengan rasa haus ekstrem dan kelelahan, juga mungkin terjadi. Kontak dokter Anda jika mengalami reaksi negatif akibat penggunaan insulin degludec.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Insulin Degludec

    Ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan insulin degludec, termasuk riwayat reaksi alergi terhadap produk insulin, komorbid dengan obat lain, dan risiko hipoglikemia akibat aktivitas fisik ataupun asupan karbohidrat yang tidak adekuat. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengambil keputusan penggunaan medisasi ini.

    Efek Insulin Degludec untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Informasi khusus tentang penggunaan insulin degludec selama kehamilan dan masa menyusui belum dijelaskan secara mendalam, namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan keamanan bagi ibu dan bayi.

    Interaksi Insulin Degludec dengan Obat Lain

    Insulin degludec memiliki potensi interaksi dengan obat-obatan tertentu seperti rosiglitazone dan perlu adanya komunikasi dengan dokter mengenai daftar obat yang sedang dikonsumsi untuk mencegah hipoglikemia yang disebabkan oleh interaksi obat.

    • Rosiglitazone

    Pastikan untuk memberikan informasi mengenai semua obat yang Anda konsumsi kepada tenaga kesehatan untuk menghindari efek interaksi yang merugikan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait