Isothipendyl

    Isothipendyl merupakan suatu antihistamin yang efektif untuk menenangkan manifestasi alergi, tersedia dalam bentuk sediaan tunggal ataupun kombinasi dalam upaya pengobatan gangguan alergi kulit seperti gatal dan urtikaria (biduran). Golongan obat: Antihistamin Merek dagang: Andantol, Nipe drops, Transpulmin sirup

    Apa itu Isothipendyl?

    Isothipendyl tergolong dalam obat antihistamin yang bekerja dengan menghambat reseptor histamin H1. Peningkatan kadar histamin biasanya terjadi ketika tubuh terpapar alergen, yang pada gilirannya menimbulkan gejala alergi. Isothipendyl membantu mengurangi gejala tersebut dengan efektif.

    Dosis dan Aturan Pakai Isothipendyl

    Dalam penanganan urtikaria, aplikasikan gel isothipendyl secara tipis dan merata pada area yang terkena sebanyak satu kali sehari atau mengikuti petunjuk dokter. Untuk produk kombinasi, ikuti aturan yang tercantum pada paket atau sesuai dengan nasihat medis.

    Cara Menggunakan Isothipendyl dengan Benar

    Ikuti saran medis dan perhatikan instruksi pada kemasan sebelum mengaplikasikan gel isothipendyl. Cuci tangan sebelum dan sesudah pemakaian. Pastikan area yang akan diobati bersih sebelum mengoleskan gel. Jika terpapar di mata, mulut, atau hidung, langsung bilas dengan air. Untuk kombinasi isothipendyl, gunakan dosis sesuai paket.

    Efek Samping dan Bahaya Isothipendyl

    Saat menggunakan gel isothipendyl, beberapa efek samping mungkin terjadi:

    • Ruam kulit
    • Erupsi kulit, dengan ciri kemerahan bahkan pembentukan lepuh
    • Peningkatan sensitivitas kulit, termasuk sensitif terhadap sinar

    Penggunaan berkelanjutan bisa menimbulkan iritasi kulit. Segera konsultasikan dengan dokter apabila efek samping atau reaksi alergi obat terjadi.

    Peringatan Sebelum Menggunakan Isothipendyl

    Sebelum menggunakan isothipendyl, perhatikan beberapa aspek berikut:

    • Informasikan kepada dokter mengenai riwayat alergi yang dimiliki.
    • Gunakan isothipendyl dengan hati-hati, khususnya jika terdapat tanda demam atau infeksi sebelum timbulnya ruam.
    • Hindari penggunaan pada luka terbuka.
    • Bagi wanita hamil atau menyusui, gunakan obat ini hanya bila diperlukan dan setelah berkonsultasi dengan dokter.
    • Jelaskan pada dokter mengenai obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang dikonsumsi untuk menghindari interaksi obat.

    Efek Isothipendyl untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Isothipendyl belum terbukti sepenuhnya aman bagi ibu hamil dan janin menurut penelitian pada manusia atau hewan percobaan. Oleh karena itu, obat ini tidak disarankan untuk ibu hamil tanpa anjuran dokter. Tidak diketahui apakah isothipendyl dapat masuk ke dalam ASI, konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaan pada saat menyusui.

    Interaksi Isothipendyl dengan Obat Lain

    Interaksi isothipendyl oles dengan obat lain belum diketahui sepenuhnya. Namun, diketahui bahwa penggunaan bersama alkohol dapat meningkatkan potensi penurunan kesadaran. Sebaiknya diskusikan dengan dokter terkait obat lain yang digunakan untuk meminimalkan resiko interaksi yang dapat bertentangan dengan kesehatan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait