Jardiance

    Jardiance merupakah obat yang dimanfaatkan untuk pasien dengan diabetes tipe 2, dimana obat ini membantu dalam penstabilan gula darah.

    Golongan obat: Antidiabetik oral Merek dagang: Jardiance

    Apa itu Jardiance?

    Jardiance adalah obat yang diresepkan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Ketika digabungkan dengan olahraga dan diet sehat, Jardiance dapat mempertahankan kadar gula darah pada batas normal. Selain itu, Jardiance juga digunakan untuk mengurangi risiko kejadian kardiovaskular pada pasien diabetes dengan komplikasi jantung. Obat ini bekerja dengan menginstruksikan ginjal agar mengurangi reabsorpsi glukosa, menyebabkan lebih banyak gula diekskresikan melalui urin, serta menghindarkan pengumpulan glukosa dalam aliran darah.

    Dosis Jardiance

    Dosis standar awal untuk Jardiance yaitu 10 mg yang dikonsumsi sekali setiap hari. Pasien yang menunjukkan toleransi terhadap Empagliflozin dengan eGFR ">=60 ml/min/1.73 m^2 dan membutuhkan peningkatan kontrol glikemik boleh meningkatkan dosisnya hingga 25 mg per hari. Jardiance tersedia dalam bentuk tablet film-coated, dengan konsentrasi 10 mg dan 25 mg.

    Aturan Pakai Jardiance

    Konsumsilah Jardiance sebagai obat oral dalam bentuk tablet setiap pagi, baik sebelum atau setelah makan. Jika perlu, dokter bisa menyesuaikan dosisnya, namun jangan melakukan perubahan dosis tanpa konfirmasi dokter. Pastikan penggunaannya dilakukan secara tertatur, dan jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk, konsultasikan dengan dokter.

    Efek Samping Jardiance

    Konsumsi obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, di antaranya:

    • dehidrasi
    • mual dan muntah
    • nyeri perut
    • kesulitan bernapas
    • nyeri saat buang air kecil
    • pengurangan jumlah urine
    • demam
    • nyeri di area pinggul atau punggung Bila Anda mengalami kesehatan yang terganggu pasca konsumsi obat ini, segera informasikan kepada dokter.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Jardiance

    Sebelum menggunakan Jardiance, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

    • Informasikan adanya riwayat alergi, terutama terhadap empagliflozin.
    • Berikan informasi mengenai kondisi ginjal dan prosedur cuci darah yang sedang dijalani.
    • Diskusikan keadaan kehamilan atau pemberian ASI, serta riwayat infeksi genital.
    • Hindari aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi usai konsumsi obat ini, karena bisa menginduksi hipoglikemia.

    Efek Jardiance untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Jardiance terkategori dalam risiko kehamilan C menurut FDA yang berarti mungkin berisiko. Penggunaan di kalangan ibu hamil dan menyusui hanya disarankan ketika manfaat lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

    Interaksi Jardiance dengan Obat Lain

    Risiko dehidrasi dan hipotensi dapat meningkat jika menggunakan Jardiance bersamaan dengan diuretik jenis thiazide. Sementara, kombinasi dengan insulin dan sulfonilurea bisa meningkatkan risiko hipoglikemia. Konsultasikan daftar obat yang sedang dikonsumsi dengan dokter Anda untuk menghindari interaksi obat yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait