Madrox

    Madrox sering diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gejala maag yang disebabkan oleh bertambahnya produksi asam lambung. Madrox memiliki efek yang dapat menormalkan kadar asam lambung serta menghambat aktivitas enzim pepsin yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

    Golongan obat: antasida, antirefluks, dan anti-ulserasi Kandungan obat: magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simethicone

    Apa itu Madrox?

    Madrox dibuat untuk meredakan masalah pencernaan yang timbul dikarenakan produksi asam lambung yang tidak normal serta untuk menangani ulkus duodenum. Madrox efektif untuk gejala seperti perih ulu hati, rasa mual, distensi abdomen, dan nyeri di daerah epigastrium. Paparan kronis dari asam lambung dapat menimbulkan kondisi seperti gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum, dan ulkus duodenum. Komponen magnesium hidroksida dan aluminium hidroksida dalam Madrox aktif dalam proses penetralan asam lambung sementara simethicone membantu mengurangi pembentukan gas dalam sistem pencernaan.

    Sediaan dan dosis Madrox

    Madrox diproduksi dalam bentuk tablet yang dapat dikunyah dengan setiap dus berisikan 25 strip yang masing-masing memiliki 4 tablet untuk dikunyah. Satu tablet Madrox mengandung 250 mg aluminium hidroksida kering, 250 mg magnesium hidroksida, dan 50 mg simethicone. Berikut adalah panduan dosis:

    • Untuk dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun: Dosis yang direkomendasikan adalah 1-2 tablet yang dikunyah 3-4 kali sehari, lebih baik diminum satu jam setelah makan dan sebelum waktu tidur.
    • Untuk anak-anak berusia 6-12 tahun: Satu tablet dikunyah 3-4 kali sehari, mengikuti jadwal yang sama dengan dewasa.

    Aturan Pakai Madrox

    Gunakan Madrox sesuai dengan dosis yang telah ditentukan, baik oleh dokter ataupun panduan pada kemasan. Jangan mengubah dosis sendiri. Penting untuk membaca petunjuk penggunaan dengan saksama sebelum minum obat ini dan selalu konsultasikan kepada dokter jika Anda merasa tidak yakin.

    Efek Samping Madrox

    Madrox, seperti obat lainnya, juga bisa memberikan reaksi sampingan meskipun jarang. Untuk beberapa orang, efek samping yang mungkin muncul adalah:

    • Sembelit
    • Diare
    • Mual
    • Muntah

    Bila efek samping menjadi lebih buruk atau berkepanjangan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, terutama jika ada gejala seperti:

    • Diare terus-menerus
    • Sembelit yang tidak membaik
    • Kehilangan selera makan
    • Kelemahan otot
    • Rasa lelah yang tak dapat dijelaskan

    Efek samping lain mungkin ada yang belum tercatat, konsultasikan ke dokter jika mengalami hal yang tidak lazim setelah konsumsi Madrox.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Madrox

    Perhatian khusus perlu diberikan ketika menggunakan Madrox, terutama bagi:

    • Individu dengan alergi terhadap aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, atau antasida lain
    • Mereka yang secara rutin menggunakan obat-obatan yang dapat berinteraksi dengan Madrox seperti aspirin, cinoxacin, digoxin, ketoconazole, dan tetracycline
    • Wanita yang sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui
    • Pasien dengan kondisi penyakit ginjal

    Untuk mengurangi risiko ketidakcocokan dan efek samping, ceritakan histori alergi dan obat yang Anda konsumsi kepada dokter atau apoteker.

    Efek Madrox untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Saat ini belum terdapat studi yang mendalam mengenai penggunaan magnesium hidroksida untuk ibu hamil ataupun menyusui. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menginformasikan kepada dokter atau apoteker mengenai kehamilan atau rencana menyusui sebelum memutuskan untuk menggunakan Madrox.

    Interaksi Madrox dengan Obat Lain

    Ketika dikonsumsi bersamaan dengan produk atau obat tertentu, Madrox bisa mempengaruhi efektivitas obat lain serta meningkatkan kemungkinan efek samping negatif. Penyerapan obat sperti antibiotik cimetidin atau tetracycline bisa terhambat setelah konsumsi Madrox. Beri jeda minimum 1-2 jam sebelum mengonsumsi antibiotik yang disebutkan setelah minum Madrox. Hindari penggunaan jangka panjang Madrox bagi mereka yang membatasi asupan fosfor, karena obat ini mempengaruhi kadar fosfor darah. Informasikan selalu kepada profesional kesehatan tentang obat lain yang Anda gunakan untuk mencegah potensi interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait