Tioconazole

    Tioconazole merupakan antijamur yang digunakan untuk merawat berbagai jenis infeksi jamur di kulit, termasuk jamur kuku, kurap, penyakit kaki atlet, panu, dan kandidiasis kulit.

    Golongan obat: Antijamur azole Merek dagang: Prodermal, Trosyd

    Apa itu Tioconazole?

    Tioconazole adalah obat antijamur dari golongan azole yang berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Cara kerja tioconazole adalah dengan menghalangi penghasilan ergosterol yang merupakan komponen esensial pada dinding sel jamur sehingga pertumbuhan jamur terhambat dan pada akhirnya menyebabkan kematian jamur.

    Dosis Tioconazole

    Tioconazole tersedia dalam bentuk krim yang dioleskan pada area kulit yang mengalami infeksi jamur. Dosis umumnya untuk dewasa adalah pengolesan sebanyak dua kali sehari dan lamanya penggunaan bergantung pada jenis dan keparahan infeksi. Pengobatan dapat dilakukan selama 1 hingga 6 minggu.

    Aturan Pakai Tioconazole

    Untuk penggunaan tioconazole, ikuti anjuran dokter dan petunjuk pada kemasan. Cuci dan keringkan tangan sebelum mengaplikasikan krim. Oleskan hanya pada area yang berproblem dan sekitarnya secara merata. Wajib menjaga durasi pengobatan yang dokter sarankan agar infeksi tidak kembali. Jika terlewat dosis, gunakan tioconazole sesuai keinginan dokter dan jangan gandakan dosis pada penggunaan berikutnya.

    Efek Samping Tioconazole

    Penggunaan tioconazole dapat menyebabkan efek samping, namun biasanya jarang terjadi. Beberapa efek samping yang mungkin timbul adalah:

    • Ruam kulit
    • Kemerahan pada kulit
    • Gatal
    • Rasa pedih pada kulit
    • Pembengkakan area aplikasi

    Periksakan diri ke dokter bila terjadi reaksi sampingan yang bertahan atau memburuk.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Tioconazole

    Beberapa peringatan dan perhatian yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan tioconazole, meliputi:

    • Hindari jika alergi terhadap azole antijamur
    • Diskusikan riwayat medis seperti diabetes atau HIV/AIDS dengan dokter
    • Gunakan hanya pada bagian kulit, jauhkan dari mata atau mulut
    • Informasikan dokter tentang obat, suplemen, atau herbal yang digunakan
    • Konsultasikan penggunaan tioconazole saat hamil atau menyusui dan segera cari bantuan medis jika terjadi reaksi alergi setelah penggunaan.

    Efek Tioconazole untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Tioconazole masuk dalam kategori B, menunjukkan bahwa studi pada hewan tidak menunjukkan risiko pada janin tapi belum ada studi pada wanita hamil. Penggunaan harus berdasarkan anjuran dokter. Untuk ibu menyusui, belum diketahui apakah tioconazole dapat terkontaminasi dalam ASI.

    Interaksi Tioconazole dengan Obat Lain

    Interaksi antara tioconazole dengan obat-obatan lain belum sepenuhnya diketahui. Untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan, informasikan terlebih dahulu kepada dokter seandainya Anda ingin memakai obat lain bersamaan dengan tioconazole.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait