Tipepidine

    Tipepidine merupakan obat yang tergolong dalam antitusif dan ekspektoran, berfungsi untuk mengatasi batuk yang tidak merespons obat lain. Tipepidine diresepkan untuk anak-anak hingga dewasa, namun wajib mengikuti petunjuk dokter saat menggunakannya.

    Golongan obat: Antitusif dan ekspektoran Merek dagang: Asvex & Neo Novapon

    Apa itu Tipepidine?

    Tipepidine adalah obat resep yang termasuk dalam kategori antitusif dan ekspektoran, diperuntukkan untuk meringankan gejala batuk. Cara kerja tipepidine adalah dengan menekan pemicu batuk yang terletak di batang otak, sehingga mengurangi keinginan untuk batuk. Obat ini juga mempunyai manfaat tambahan dalam membantu pengeluaran dahak. Meski efektif sebagai pereda batuk, tipepidine tidak bertujuan untuk mengatasi penyebab utama batuk, seperti infeksi atau iritasi saluran napas.

    Dosis Tipepidine

    Penggunaan tipepidine harus sesuai preskripsi dokter. Biasanya, dosis yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 33.21 mg sebanyak tiga kali sehari. Sementara itu, dosis untuk anak-anak disesuaikan dengan berat badan mereka. Tidak hanya sebagai obat batuk, tipepidine juga digunakan dalam perawatan gangguan mental seperti depresi, OCD, dan ADHD, tetapi penggunaannya harus dikontrol ketat dan sesuai dengan panduan dokter.

    Aturan Pakai Tipepidine

    Penting untuk mengikuti saran dokter dan membaca instruksi pada label obat sebelum mengonsumsi tipepidine. Mengonsumsi obat ini dengan dosis yang salah dapat menimbulkan reaksi negatif seperti sesak napas dan keringat dingin. Tipepidine sebaiknya ditelan utuh tanpa dikunyah, diminum dengan air putih yang cukup dan di konsumsi setelah makan, di waktu yang sama tiap hari. Bila lupa minum obat, segera konsumsi saat ingat, namun jika waktunya dekat dengan dosis selanjutnya, lewatkan dosis yang terlupa. Simpan tipepidine di lingkungan dengan suhu ruang, terlindung dari cahaya matahari langsung, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

    Efek Samping Tipepidine

    Konsumsi tipepidine dapat menimbulkan efek samping seperti:

    • Sakit kepala
    • Mual
    • Muntah
    • Sakit perut
    • Mengantuk
    • Insomnia Efek samping yang serius dapat muncul, khususnya jika diambil dengan kadar berlebihan atau jangka waktu panjang. Bila mengalami gejala serius pasca mengonsumsi tipepidine, seperti delirium, kesulitan konsentrasi, penyakit kepala yang parah, pembengkakan di area bibir dan mulut, sesak napas, atau pucat disertai keringat dingin, segera kunjungi dokter.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Tipepidine

    Perhatikan beberapa hal berikut sebelum mengonsumsi tipepidine:

    • Berikan informasi tentang alergi yang dimiliki kepada dokter
    • Konsultasikan terlebih dahulu sebelum memberikan tipepidine kepada anak-anak
    • Jangan mengemudi atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah konsumsi tipepidine
    • Informasikan kepada dokter obat lain yang sedang dikonsumsi
    • Segera temui dokter jika terdapat efek samping atau reaksi alergi.

    Efek Tipepidine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Tipepidine masuk dalam kategori C untuk ibu hamil, yang berarti belum ada bukti kuat akan keamanannya untuk wanita hamil dan janin. Oleh karena itu, tipepidine tidak dianjurkan untuk ibu hamil, kecuali ada rekomendasi dokter. Untuk menyusui, belum ada informasi yang jelas mengenai keamanan penggunaan tipepidine pada bayi yang menyusu.

    Interaksi Tipepidine dengan Obat Lain

    Berikut adalah beberapa interaksi obat yang mungkin terjadi jika menggabungkan tipepidine dengan medikasi lain:

    • Penurunan efektivitas obat bila digunakan bersama cimetidine atau clopidogrel
    • Kurangnya penyerapan theophylline, phenytoin, dan bupropion
    • Meningkatnya risiko perdarahan saat digunakan dengan obat antiradang dan antikoagulan Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk memastikan tidak terjadi interaksi obat yang dapat berakibat buruk.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait