Tolnaftate

    Tolnaftate adalah obat yang diresepkan untuk mengobati berbagai infeksi kulit akibat jamur, seperti kurap, gatal di selangkangan, dan kutu air.

    Golongan obat: Antijamur Merek dagang: -

    Apa itu Tolnaftate?

    Tolnaftate termasuk dalam kelompok obat antijamur yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur di kulit. Obat ini bekerja dengan menghambat enzim squalene epoxidase yang penting dalam proses sintesis dinding sel jamur, sehingga mengganggu perkembangan dan pertumbuhan jamur.

    Dosis Tolnaftate

    Dosis lazim tolnaftate dengan konsentrasi 1% biasanya adalah pemakaian dua kali sehari pada kulit yang terjangkit infeksi jamur untuk orang dewasa dan anak-anak di atas umur dua tahun. Pemakaian harus dilakukan dengan tepat pada area yang terinfeksi dan berlangsung selama 2 hingga 4 minggu, dan bisa diperpanjang hingga 6 minggu apabila kondisi infeksi sudah parah atau kulit sudah menebal.

    Aturan Pakai Tolnaftate

    Ikuti anjuran dokter dan bacalah petunjuk penggunaan sebelum memakai tolnaftate. Sebelum aplikasi, bersihkan dan keringkan area kulit yang akan diobati. Tolnaftate sebaiknya tidak digunakan di kulit yang terbakar matahari, kering, pecah, iritasi, atau luka terbuka. Pastikan pula untuk tidak menutup area yang diolesi dengan tolnaftate kecuali atas anjuran dokter. Gunakan obat ini secara teratur pada waktu yang sama setiap hari dan jangan melebihi atau mengurangi durasi pengobatan yang dianjurkan.

    Efek Samping Tolnaftate

    Tolnaftate dapat memicu efek samping berupa iritasi pada kulit. Jika iritasi tersebut tidak membaik atau malah meningkat, maka segera temui dokter. Selain itu, bila terjadi gejala alergi seperti bengkak di sekitar area bibir atau mata, ruam kulit, atau kesulitan bernapas, bantuan medis segera diperlukan.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Tolnaftate

    Beberapa peringatan penting saat menggunakan tolnaftate antara lain:

    • Hindari pemakaian jika ada alergi terhadap komponen obat
    • Informasikan riwayat medis seperti diabetes atau kondisi sistem imun ke dokter
    • Jika anda telah melakukan transplantasi organ
    • Sampaikan kondisi hamil, menyusui, atau rencana kehamilan dan penggunaan obat atau suplemen lain
    • Segera cari pertolongan medis jika muncul reaksi alergi atau gejala overdosis

    Efek Tolnaftate untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Kategori N mengindikasikan bahwa belum ada klasifikasi tentang penggunaan tolnaftate selama kehamilan. Tidak ada informasi yang memastikan apakah tolnaftate bisa terserap ke dalam ASI atau tidak. Oleh karenanya, pemakaian obat ini oleh ibu menyusui harus setelah berkonsultasi dengan dokter.

    Interaksi Tolnaftate dengan Obat Lain

    Saat ini belum ada informasi pasti mengenai interaksi tolnaftate dengan obat lain. Namun, penting untuk memberitahukan kepada dokter tentang semua jenis obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang dikonsumsi guna mengantisipasi adanya interaksi yang dapat membahayakan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait