Transpulmin

    Transpulmin merupakan balm yang efektif untuk menghasilkan kehangatan bagi tubuh anak serta membantu meringankan gejala flu seperti hidung mampet dan sakit punggung. Formulasinya yang terbuat dari bahan alami menjadikannya aman digunakan bagi anak-anak, termasuk bayi yang baru dilahirkan.

    Golongan obat: Balsam bayi Merek dagang: Transpulmin Baby, Transpulmin Kids

    Apa itu Transpulmin?

    Transpulmin adalah balsam anak yang dirancang untuk memberikan kehangatan pada tubuh sekaligus meringankan gejala flu, seperti hidung yang terhalang dan rasa sakit di punggung. Balsam ini mengandung minyak eukaliptus yang berfungsi melegakan hidung tersumbat dan ekstrak chamomile yang memanaskan tubuh.

    Dosis Transpulmin

    Balsam Transpulmin tersedia dalam dua jenis untuk bayi dan anak. Varian Transpulmin Baby diperuntukkan bagi bayi baru lahir hingga anak usia 2 tahun, sedangkan Transpulmin Kids dapat digunakan oleh anak usia di atas 2 tahun yang membutuhkan kehangatan ekstra akibat kandungan menthol dan camphornya. Antara lain, direkomendasikan penggunaan Transpulmin dengan cara diusapkan 2-4 kali sehari pada dada, punggung, dan leher anak.

    Cara Menggunakan Transpulmin dengan Benar

    Memastikan penggunaan Transpulmin sesuai dengan petunjuk atau saran medis adalah kunci. Sebelum mengoleskan balsam ini, bacalah informasi pada kemasan dengan teliti. Usapkan dengan jumlah yang sesuai pada area yang direkomendasikan dan pastikan anak beristirahat setelah pemakaian. Juga, Transpulmin Kids bisa dilarutkan dalam air panas dan digunakan untuk inhalasi uap.

    Efek Samping Transpulmin

    Walau umumnya aman, beberapa efek samping dapat terjadi akibat penggunaan Transpulmin:

    • Eksim
    • Iritasi kulit
    • Kemerahan atau gatal pada kulit
    • Perih Jika efek samping muncul, hentikan penggunaan balsam dan konsultasikan dengan dokter apabila kondisi tidak membaik dalam waktu 2-3 hari.

    Peringatan Sebelum Menggunakan Transpulmin

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan balsam Transpulmin, dikarenakan potensi sensitivitas atau reaksi alergi terhadap komponen balsam ini. Beberapa poin peringatan meliputi:

    • Hindari mengoleskan pada anak yang sensitif terhadap komponen balsam
    • Tidak untuk area wajah, khususnya hidung, dan kulit sensitif
    • Jauhkan dari mata, luka terbuka, dan kulit terinfeksi pada Transpulmin Kids
    • Jangan digunakan untuk anak di bawah usia 2 tahun
    • Hindari pemakaian bersamaan dengan obat oles lain tanpa berkonsultasi dengan dokter

    Efek Transpulmin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Transpulmin umumnya aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, namun sebaiknya hindari pemakaian pada area dada saat menyusui. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan balsam ini agar penggunaannya aman dan tepat.

    Interaksi Transpulmin dengan Obat Lain

    Meskipun Transpulmin memiliki potensi interaksi yang rendah dengan obat yang diminum, waspadalah terhadap interaksi kemungkinan dengan obat topikal lainnya. Berdiskusilah dengan dokter tentang penggunaan yang aman, terutama jika anak Anda sedang menggunakan obat oles di kulit.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait