Carbamazepine

    Carbamazepine merupakan obat yang digunakan untuk menangani serangan epilepsi dan pencegahan kejang. Selain itu, medicamentum ini juga ditujukan untuk terapi gangguan bipolar serta mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh masalah pada saraf trigeminal, yaitu trigeminal neuralgia.

    Golongan obat: Antikonvulsan generasi pertama Merek dagang: Bamgetol 200, Carbamazepine, Tegretol, dan Tegretol CR

    Apa itu Carbamazepine?

    Carbamazepine adalah obat yang tergolong ke dalam kelas antikonvulsan yang bertujuan untuk menekan aktivitas listrik di otak yang abnormal sebagai cara mengontrol kejang. Pengobatan menggunakan Carbamazepine tidak hanya terbatas pada kejang, tetapi juga termasuk digunakan saat tidur, serta lega dari nyeri karena gangguan saraf. Obat ini juga bekerja sebagai stabilisator mood, mengurangi tingkat frekuensi gejala gangguan bipolar, dan membantu dalam mempertahankan suasana hati yang stabil pada penderita.

    Dosis Carbamazepine

    Dosis Carbamazepine yang dipreskripsikan dokter bergantung pada usia dan kondisi kesehatan pasien. Dosis awal biasanya dimulai dengan jumlah yang kecil dan dapat ditingkatkan secara bertahap, dengan perawatan dosis yang terbagi dalam beberapa jadwal konsumsi harian. Dosis maksimal dibedakan berdasarkan kondisi medis yang ditangani, usia pasien, dan juga tingkat keparahan penyakitnya. Penting untuk mengikuti petunjuk dosis yang diberikan oleh dokter dan tidak mengubah dosis tanpa persetujuan medis.

    Aturan Pakai Carbamazepine

    Penggunaan Carbamazepine harus sesuai dengan resep dokter atau petunjuk yang tertera pada label obat. Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan dan ditelan bersama air putih tanpa dikunyah, terutama untuk tablet berjenis lepas lambat. Dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini secara konsisten pada jam yang sama setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika dosis terlewat, minum secepat mungkin kecuali jika sudah mendekati jadwal dosis selanjutnya. Jangan menghentikan penggunaan tiba-tiba tanpa berkonsultasi dengan dokter.

    Efek Samping Carbamazepine

    Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi Carbamazepine antara lain meliputi pusing, gangguan keseimbangan, tremor, kantuk, mual, muntah, sembelit, dan mulut kering. Apabila gejala-gejala ini bertambah parah atau tidak kunjung membaik, segeralah konsultasi dengan dokter. Adapun, jika timbul reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti masalah kulit, aritmia, gangguan fungsi hati atau ginjal, anemia, atau gangguan psikologis, maka diperlukan penanganan medis segera.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Carbamazepine

    Penggunaan Carbamazepine harus dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Penting untuk memberikan informasi kepada dokter mengenai riwayat alergi terhadap jenis-jenis obat tertentu, konsumsi obat MAOI, adanya gangguan pada sumsum tulang atau jantung, kondisi glaukoma dan penyakit lainnya. Konsumsi alkohol harus dihindari selama terapi dengan Carbamazepine. Kewaspadaan juga harus dilakukan saat beraktivitas yang memerlukan konsentrasi penuh, seperti berkendara. Hindari dari paparan sinar matahari berlebih dan simpan obat di tempat yang sejuk serta terlindung dari jangkauan anak-anak.

    Efek Carbamazepine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Carbamazepine dikategorikan dalam Kelompok D, yang mana ada bukti risiko terhadap janin namun dapat digunakan jika manfaatnya melebihi potensi risiko. Bagi ibu menyusui, carbamazepine dapat terserap ke dalam ASI dan sebaiknya tidak digunakan tanpa konsultasi dengan dokter. Konsultasi medis sangat penting bagi wanita yang hamil, menyusui, atau yang berencana memiliki anak.

    Interaksi Carbamazepine dengan Obat Lain

    Carbamazepine dapat berinteraksi dengan berbagai jenis obat lain, yang berpotensi meningkatkan risiko efek samping yang merugikan, mengurangi efektivitas obat tertentu, atau memperburuk kondisi penyakit. Risiko interaksi dapat terjadi dengan obat-obatan seperti MAOI, ketoconazole, antikonvulsan lain, hingga obat antikoagulan oral. Konsumsi makanan tertentu seperti grapefruit juga dapat meningkatkan kadar carbamazepine dalam darah. Oleh karena itu, informasikan kepada dokter daftar obat yang sedang dikonsumsi untuk menghindari kemungkinan interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait