Silver Sulfadiazine

    Silver sulfadiazine merupakan antibiotik topikal yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi pada luka bakar derajat selanjutnya maupun luka yang serius atau dalam. Untuk mendapatkan manfaat penggunaannya, resep dari dokter menjadi syarat utama.

    Golongan obat: Antibiotik sulfonamida Merek dagang: Burnazin, Silver Sulfadiazine

    Apa itu Silver Sulfadiazine?

    Silver sulfadiazine berfungsi sebagai antibakteri dengan cara menghalang pertumbuhan dan membunuh bakteri yang menginfeksi, sehingga dapat mencegah infeksi yang lebih parah. Obat ini dikategorikan sebagai antibiotik sulfonamida yang membutuhkan resep dokter dan dipakai secara topikal pada area yang terluka.

    Dosis Silver Sulfadiazine

    Dosis penggunaan silver sulfadiazine adalah dengan mengaplikasikan krim secukupnya yaitu sekitar 3-5 mm tebal, satu hingga dua kali setiap hari pada wilayah kulit yang mengalami luka bakar atau infeksi.

    Aturan Pakai Silver Sulfadiazine

    Ikuti selalu instruksi yang diberikan oleh dokter Anda dan perhatikan informasi pada paket obat silver sulfadiazine sebelum digunakan. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memakai krim, bersihkan daerah yang akan diobati, dan aplikasikan silver sulfadiazine secara merata. Anda bisa menggunakan sarung tangan steril dan menutup area luka dengan perban. Jika silver sulfadiazine terkena mata atau mulut, bersihkan segera dengan air. Simpan obat ini di ruangan dengan suhu kamar, kering, dan terlindung dari cahaya langsung matahari.

    Efek Samping Silver Sulfadiazine

    Efek samping dari silver sulfadiazine meliputi beberapa gejala seperti:

    • Iritasi pada kulit
    • Sensasi terbakar di lokasi pengaplikasian
    • Gatal-gatal
    • Ruam
    • Perubahan warna kulit atau gusi menjadi abu-abu atau kebiruan Adalah penting untuk menghubungi dokter jika efek samping tak kunjung membaik atau bertambah serius, serta segera mencari bantuan medis jika terdapat reaksi alergi obat atau efek samping signifikan lainnya.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Silver Sulfadiazine

    Perhatikan hal-hal berikut sebelum menggunakan silver sulfadiazine:

    • Hindari bila Anda alergi terhadap komponen obat atau antibiotik golongan sulfa
    • Sampaikan riwayat Anda berkaitan dengan masalah hati, ginjal, defisiensi G6PD, atau leukopenia
    • Tidak cocok untuk luka bakar besar tanpa persetujuan dokter
    • Jangan diberikan kepada bayi di bawah dua bulan atau bayi yang lahir prematur
    • Beritahukan pada dokter jika Anda hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan
    • Beritahukan pula apabila Anda mengonsumsi suplemen, herbal atau obat-obatan tertentu
    • Kunjungi dokter segera jika mengalami reaksi alergi terhadap obat

    Efek Silver Sulfadiazine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Pada perempuan hamil, silver sulfadiazine diklasifikasikan sebagai Kategori C dalam dua trimester awal kehamilan karena belum cukup bukti yang membuktikan keamanannya bagi ibu dan janin. Untuk trimester ketiga atau mendekati persalinan, silver sulfadiazine masuk dalam Kategori X, di mana penelitian telah menunjukkan risiko pada janin. Selanjutnya, masih belum ada kejelasan apakah obat ini masuk ke dalam ASI atau tidak, sehingga disarankan tidak digunakan oleh ibu menyusui tanpa rekomendasi medis.

    Interaksi Silver Sulfadiazine dengan Obat Lain

    Silver sulfadiazine dapat berpotensi menimbulkan interaksi dengan produk topikal lain yang mengandung enzim seperti tripsin, collagenase, atau papain, yang dapat mengurangi efektivitas masing-masing. Penggunaan bersama dengan obat-obatan seperti benzocaine topikal, lidocaine topikal, nitrogliserin, phenytoin, atau phenobarbital, meskipun jarang, berpotensi menyebabkan methemoglobinemia. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai kombinasi obat yang akan Anda gunakan untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait