Sulfamethizole

    Sulfamethizole merupakan antibiotik yang efektif untuk menanggulangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri khususnya pada area saluran kencing. Antibiotik ini seringkali diresepkan bersamaan dengan trimethoprim untuk meningkatkan keefektivitasannya dalam membunuh bakteri.

    Golongan obat: Sulfonamida Merek dagang: Ottoprim Forte

    Apa itu Sulfamethizole?

    Sulfamethizole adalah anggota keluarga antibiotik sulfonamida yang berfungsi mengatasi infeksi oleh bakteri. Cara kerja antibiotik ini yaitu dengan menghambat pembentukan asam folat pada bakteri, yang esensial untuk perkembangan dan reproduksi mereka, sehingga pertumbuhan bakteri terhenti dan dapat dibasmi.

    Dosis Sulfamethizole

    Ketika digunakan, dosis sulfamethizole disesuaikan dengan berat badan dan kondisi spesifik pasien. Pada kondisi infeksi bakteri umum, dosis bagi dewasa dan remaja adalah 500-1000 mg setiap 6-8 jam, sementara anak-anak berusia lebih dari 2 bulan membutuhkan 7,5-11,25 mg/kgBB setiap 6 jam. Untuk infeksi saluran kemih, dosis bagi dewasa yaitu 500-4000 mg per hari dan anak-anak 30-45 mg/kgBB per hari, keduanya diminum dengan interval 6-8 jam.

    Aturan Pakai Sulfamethizole

    Pastikan mengikuti resep dan instruksi dokter serta mengacu pada informasi yang tertera pada kemasan. Sulfamethizole sebaiknya diminum dengan air. Upayakan untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari dan jangan menghentikan pengobatan sebelum masa yang disarankan dokter. Simpanlah obat pada suhu ruangan dan terhindar dari cahaya serta jauh dari jangkauan anak-anak.

    Efek Samping Sulfamethizole

    Efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi sulfamethizole meliputi:

    • Mual atau muntah
    • Kehilangan selera makan
    • Diare Segera konsultasi ke dokter jika Anda mengalami efek samping yang mengkhawatirkan atau reaksi alergi yang serius.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Sulfamethizole

    Beberapa kondisi yang perlu dikonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi sulfamethizole mencakup alergi terhadap sulfonamida, porfiria akut, gangguan ginjal atau hati yang berat, kelainan darah, lupus, dan memerlukan kontrasepsi selama penggunaan obat. Selalu informasikan kepada dokter tentang obat-obatan yang sedang dikonsumsi untuk menghindari interaksi obat.

    Efek Sulfamethizole untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Sulfamethizole dikategorikan dalam Kategori D yang berisiko bagi janin, meskipun dapat digunakan dalam kasus yang mengancam nyawa karena manfaatnya yang lebih besar. Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI sehingga wanita menyusui harus berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaan.

    Interaksi Sulfamethizole dengan Obat Lain

    Sulfamethizole dapat memicu interaksi obat yang berbahaya, diantaranya:

    • Tindakan bersama methenamine meningkatkan risiko kerusakan ginjal
    • Penggunaan bersamaan dengan antikoagulan oral, methotrexate, atau phenytoin meningkatkan efek mereka
    • Interaksi dengan clozapine dapat meningkatkan risiko kelainan darah
    • Penggunaan dengan agen pengasam urin seperti magnesium karbonat menyebabkan terbentuknya kristal urin
    • Interaksi dengan obat antidiabetes bisa menyebabkan penurunan gula darah ekstrem

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait