Alfuzosin

    Pembesaran prostat jinak kerap menyebabkan masalah urinasi. Untuk meredakan, alfuzosin menjadi obat pilihan.

    Golongan Obat: Penghambat Alfa (Alpha-blockers) Merk Dagang di Indonesia: Xatral XL

    Apa itu Alfuzosin?

    Alfuzosin adalah obat yang diresepkan untuk mengatasi gejala pembesaran kelenjar prostat jinak, yang menimbulkan kesulitan dalam buang air kecil. Melalui relaksasi prostat dan otot-otot kandung kemih, obat ini memperlancar aliran urin. Namun, alfuzosin tidak mengurangi ukuran prostat atau menyembuhkan benign prostatic hyperplasia (BPH) secara langsung dan tidak menjadi obat utama untuk hipertensi.

    Dosis Alfuzosin

    Dosis alfuzosin akan ditetapkan oleh dokter berdasarkan kondisi medis individu pasien. Dosis standar untuk orang dewasa berupa tablet lepas lambat alfuzosin yaitu 10 mg sekali sehari sebelum tidur. Sedangkan bagi lansia dengan retensi urin akibat BPH, dosisnya juga 10 mg sekali sehari dan dikonsumsi selama 3—4 hari di awal penggunaan kateter urin.

    Aturan Pakai Alfuzosin

    Instruksi penggunaan alfuzosin harus sesuai dengan anjuran dokter dan petunjuk yang ada di kemasan. Minum obat ini setelah makan, tanpa mengunyah atau membelah tablet. Jaga keteraturan waktu minum obat untuk efektivitas maksimal dan hindari aktivitas yang memerlukan konsentrasi seperti mengemudi setelah mengonsumsi obat ini karena bisa menyebabkan pusing.

    Efek Samping Alfuzosin

    Konsumsi alfuzosin bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti pusing, sakit kepala, kelelahan, hingga hidung tersumbat atau berair. Efek samping serius yang memerlukan penanganan medis segera termasuk nyeri dada, masalah pencernaan, pusing parah yang membuat ingin pingsan dan masalah ereksi yang berkepanjangan.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Alfuzosin

    Alfuzosin diperuntukkan khusus bagi pria dewasa dan tidak boleh digunakan oleh wanita, terutama yang hamil atau menyusui, serta anak di bawah umur 18 tahun. Informasikan kondisi medis terkait seperti penyakit hati, ginjal, jantung, serta riwayat alergi pada dokter sebelum konsumsi obat ini. Beri tahu dokter tentang rencana tindakan medis lain dan obat lain yang digunakan untuk menghindari interaksi yang berbahaya.

    Efek Alfuzosin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Alfuzosin tidak ditujukan untuk wanita, sehingga tidak ada informasi mengenai penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Wanita harus menghindari penggunaan alfuzosin.

    Interaksi Alfuzosin dengan Obat Lain

    Beberapa obat yang berinteraksi dengan alfuzosin antara lain antibiotik seperti clarithromycin dan ketoconazole yang dapat meningkatkan kadar alfuzosin dalam darah. Penggunaan bersama dengan sildenafil atau obat hipertensi lainnya dapat meningkatkan risiko hipotensi. Informasikan dokter jika mengonsumsi obat lain untuk menghindari interaksi yang merugikan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait