Asam Hialuronat

    Asam Hialuronat merupakan komponen alami yang terdapat dalam tubuh kita, khususnya di kulit, mata, serta persendian. Bentuk tiruan dari asam ini lazim dipakai sebagai suplemen untuk mendukung kesehatan kulit dan persendian.

    Golongan obat: Suplemen Merek dagang: Agelez Bihaku Premium Peach Flavor Drink With Nano Collagen, Inno-Caps H-Control, Jointace Active, Nourish Skin Ultimate, Swisse Beauty Collagen+, Vitahealth Flexiplex HA + MSM

    Apa Itu Asam Hialuronat?

    Asam Hialuronat mempunyai peran penting sebagai pelumas di persendian, yang berguna untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh gesekan antar tulang. Senyawa ini juga merupakan bagian integral dari struktur kulit yang membantu mempertahankan elastisitas kulit. Penggunaan asam hialuronat dalam bentuk suplemen diakui memiliki manfaat seperti memperbaiki kesehatan persendian, mengurangi rasa sakit akibat inflamasi pada sendi, memperbaiki kondisi kulit, mengurangi munculnya keriput, serta mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi penampilan bekas luka yang mencolok.

    Dosis dan Aturan Pakai Asam Hialuronat

    Tidak ada dosis standar pasti untuk asam hialuronat, namun umumnya dosis aman yang direkomendasikan adalah 200 mg setiap hari sebagai suplemen.

    Cara Mengonsumsi Asam Hialuronat dengan Benar

    Sebelum mengonsumsi asam hialuronat, sangat penting untuk membaca informasi pada kemasan atau mengikuti arahan dokter. Hindari mengubah dosis tanpa petunjuk dokter. Asam hialuronat yang berbentuk tablet atau kapsul sebaiknya ditelan dengan bantuan air putih. Sedangkan untuk bentuk cair, dapat langsung dikonsumsi. Suplemen ini bisa digunakan baik sebelum atau sesudah makan. Apabila Anda terlupa mengonsumsi asam hialuronat, langsung minum ketika ingat, tetapi jangan menggandakan dosis jika waktu minum berikutnya sudah dekat.

    Efek Samping dan Bahaya Asam Hialuronat

    Asam hialuronat secara umum sangat aman untuk digunakan dan alergi sangat jarang terjadi karena zat ini alami terjadi dalam tubuh. Meskipun demikian, ada kemungkinan asam hialuronat dapat mempengaruhi waktu perdarahan. Jika terjadi perdarahan yang tidak kunjung berhenti, mimisan atau gusi berdarah, dan memar yang tampak berlebihan, segera cari pertolongan medis.

    Peringatan Sebelum Mengonsumsi Asam Hialuronat

    Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi asam hialuronat:

    • Hindari asam hialuronat jika Anda mempunyai alergi terhadapnya. Informasikan dokter mengenai alergi Anda, khususnya produk dari unggas.
    • Jangan menggunakan suplemen asam hialuronat tanpa petunjuk dokter apabila Anda memiliki riwayat atau sedang berjuang melawan kanker.
    • Diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini untuk kondisi medis tertentu dan jangan menghentikan pengobatan yang sedang dijalani tanpa konsultasi.
    • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
    • Beritahu dokter tentang obat atau suplemen lain yang Anda gunakan untuk mencegah interaksi obat.
    • Informasikan penggunaan suplemen ini kepada dokter jika Anda akan menjalani operasi.
    • Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami reaksi alergi atau efek samping serius pasca konsumsi asam hialuronat.

    Efek Asam Hialuronat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Asam Hialuronat diklasifikasikan dalam Kategori C bagi ibu hamil dan menyusui, yang berarti tidak ada bukti yang cukup aman berdasarkan studi pada hewan percobaan atau manusia. Sebaiknya tidak digunakan oleh wanita hamil kecuali atas anjuran dari dokter. Juga belum diketahui apakah asam hialuronat bisa diserap ke dalam ASI; oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan suplemen ini tanpa persetujuan dari dokter.

    Interaksi Asam Hialuronat dengan Obat Lain

    Interaksi antara asam hialuronat dengan obat-obatan lain belum dapat dipastikan secara akurat. Namun, ada potensi bahwa asam hialuronat bisa bereaksi dengan obat-obatan atau bahan aktif tertentu.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait