Diethylamine Salisilat

    Diethylamine Salisilat merupakan suatu senyawa yang efektif untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh masalah rematik serta kondisi nyeri pada otot. Obat ini cocok digunakan untuk kondisi seperti nyeri punggung, fibrositis, sakit karena keseleo, memar, dan ketegangan otot.

    Golongan obat: Analgesik topikal Merek dagang: Algesal, Rheumatac

    Apa itu Diethylamine Salisilat?

    Diethylamine Salisilat adalah obat analgesik yang diterapkan secara topikal untuk meringankan nyeri akibat peradangan sendi dan masalah otot lainnya termasuk nyeri pinggang, fibrositis, nyeri akibat linu panggul, luka memar, ataupun ketegangan otot.

    Dosis Diethylamine Salisilat

    Diethylamine Salisilat tersaji dalam bentuk krim yang dioleskan langsung ke area yang sakit. Dosis untuk dewasa dan anak-anak di atas enam tahun adalah pengolesan krim secukupnya pada bagian yang terasa sakit, diperlakukan tiga kali sehari dengan pijatan hingga obat meresap. Selalu lakukan tes pada kulit kecil terlebih dahulu untuk mencegah reaksi alergi. Jangan digunakan pada anak-anak di bawah enam tahun. Konsultasikan dengan dokter jika keluhan tidak mengalami perbaikan setelah tujuh hari pemakaian. Krim ini tersedia dalam kemasan 50 gram dan 100 gram.

    Aturan Pakai Diethylamine Salisilat

    Oleskan Diethylamine Salisilat secukupnya dengan lembut pada bagian yang nyeri dan pijat hingga terserap sempurna. Hindari menggunakan di area mata atau kulit yang sensitif, dan cuschilain dengan lingkungan mulut dan hidung. Ikuti petunjuk penggunaan produk atau konsultasikan dengan apoteker. Jika terlupa, gunakan segera mungkin kecuali waktu dosis berikutnya sudah dekat. Jangan menggandakan dosis.

    Efek Samping Diethylamine Salisilat

    Meski efek samping Diethylamine Salisilat umumnya tidak sering terjadi, ada beberapa efek yang mungkin dirasakan, mencakup:

    • Reaksi kulit seperti kemerahan
    • Sensasi terbakar
    • Timbulnya ruam Bila Anda mengalami efek samping yang tidak diinginkan atau kondisi yang memburuk, segera hubungi pihak medis.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Diethylamine Salisilat

    Diethylamine Salisilat hendaknya digunakan dengan hati-hati untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa perhatian khusus saat penggunaan obat ini:

    • Jangan gunakan jika alergi terhadap bahan di dalamnya
    • Hindari jika memiliki alergi terhadap aspirin
    • Jangan aplikasikan pada kulit yang luka
    • Tidak disarankan untuk anak di bawah 6 tahun atau dengan riwayat kejang Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

    Efek Diethylamine Salisilat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum penggunaan Diethylamine Salisilat jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Obat ini dapat digunakan selama periode ini hanya jika terdapat indikasi kuat dari dokter, karena mungkin ada potensi risiko.

    Interaksi Diethylamine Salisilat dengan Obat Lain

    Interaksi obat bisa terjadi dan mempengaruhi kinerja obat atau meningkat risiko efek samping. Beberapa obat yang mungkin berinteraksi dengan Diethylamine Salisilat antara lain:

    • Penggunaan bersama dengan obat pengencer darah seperti warfarin
    • Methotrexate yang digunakan untuk arthritis atau kanker
    • Obat-obatan lainnya termasuk herbal atau yang dibeli tanpa resep Konsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mencegah interaksi obat yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait