Disflatyl

    Disflatyl digunakan untuk meredakan berbagai gejala seperti perut yang terasa penuh, sering bersendawa, dan masalah gas yang berlebihan atau ketidaknyamanan di perut yang diakibatkan oleh penumpukan gas gastrointestinal. Golongan obat: Antiflatulensi Merek dagang: Disflatyl

    Apa itu Disflatyl?

    Disflatyl berisi bahan aktif simethicone yang efektif dalam menangani masalah gas dalam sistem pencernaan. Cara kerja Disflatyl adalah dengan menggabungkan gelembung-gelembung gas yang lebih kecil sehingga terbentuk gelembung gas yang lebih besar dan dapat dikeluarkan melalui sendawa atau kentut dengan lebih mudah.

    Dosis Disflatyl

    Dosis standar Disflatyl dalam upaya mengurangi gejala kembung atau gas berlebih di perut adalah mengonsumsi dua tablet sebanyak tiga kali sehari.

    Aturan Pakai Disflatyl

    Sebelum mengonsumsi Disflatyl, perhatikan petunjuk yang tertera pada kemasannya atau ikuti saran dokter Anda. Penting untuk tidak merubah dosis yang telah ditentukan tanpa persetujuan medis.

    Berikut ini adalah panduan penggunaan Disflatyl secara tepat:

    • Minum Disflatyl setelah makan
    • Kunyah tablet Disflatyl hingga hancur sebelum menelannya bersama air putih
    • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa meningkatkan produksi gas seperti minuman berkarbonasi, kacang, atau sayuran kol selama perut terasa kembung
    • Jika Anda lupa mengonsumsi Disflatyl, minum sesegera mungkin kecuali jadwal dosis berikutnya sudah dekat tanpa menggandakan dosisnya
    • Hentikan penggunaan Disflatyl bila gejala kembung sudah mereda dan simpan obat tersebut di tempat yang kering serta terhindar dari cahaya langsung.

    Efek Samping Disflatyl

    Beberapa efek samping yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi Disflatyl, meskipun jarang, antara lain:

    • Sering bersendawa
    • Mual atau muntah
    • Sembelit atau diare
    • Rasa panas pada dada atau heartburn

    Apabila Anda mengalami efek samping yang berkepanjangan atau bertambah parah, segera hentikan penggunaan dan konsultasi dengan dokter. Jika terjadi reaksi alergi seperti gatal, pembengkakan pada mata dan bibir, atau kesulitan bernapas, segera cari pertolongan medis.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Disflatyl

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Disflatyl, termasuk:

    • Hindari penggunaan jika memiliki alergi terhadap simethicone
    • Diskusikan dengan dokter mengenai penggunaan Disflatyl jika mengalami masalah tiroid atau sedang menjalani pengobatan terkait
    • Informasikan kepada dokter jika Anda hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan
    • Sampaikan kepada dokter mengenai obat lain yang sedang dikonsumsi untuk mencegah interaksi obat
    • Beritahukan kepada dokter Anda jika sedang menjalani perawatan dengan Disflatyl, terutama sebelum prosedur operasi
    • Segeralah mendapatkan bantuan medis jika mengalami reaksi alergi atau efek samping yang serius dari obat ini.

    Efek Disflatyl untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Disflatyl dianggap aman untuk digunakan selama masa kehamilan dan juga saat menyusui, karena tidak diserap ke dalam aliran darah dan kemungkinan kecil untuk masuk ke dalam ASI, yang dapat berdampak pada bayi. Meskipun demikian, sebaiknya konsultasikan penggunaannya dengan dokter sebelum memutuskan penggunaan obat ini.

    Interaksi Disflatyl dengan Obat Lain

    Interaksi obat yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi Disflatyl bersamaan dengan obat lain, termasuk penurunan daya serap dan efek dari obat lain, khususnya yang digunakan untuk pengobatan hipotiroidisme seperti levothyroxine atau liothyronine. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkombinasikan Disflatyl dengan obat lain apa pun.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait