Enzyplex

    Enzyplex merupakan sebuah obat yang umum digunakan untuk menangani masalah lambung, termasuk rasa kembung, perasaan penuh sepertinya sehabis makan, sering bersendawa, mual, sakit ulu hati, dan juga untuk membantu melancarkan pencernaan.

    Golongan obat: Obat lambung Merek dagang: Enzyplex

    Apa itu Enzyplex?

    Enzyplex diresepkan sebagai solusi untuk gangguan pada lambung seperti kembung, perasaan begah, kentut berlebihan, mual, nyeri di ulu hati, serta untuk memperlancar buang air besar. Di samping itu, Enzyplex juga diperkaya dengan berbagai vitamin seperti A, B1, B2, B6, C, dan D yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, khususnya pada lambung dan usus, serta membantu dalam proses metabolisme sistem pencernaan.

    Dosis Enzyplex

    Untuk dosis dewasa yang dianjurkan adalah 1-2 tablet sampai tiga kali setiap hari. Adapun anak-anak disarankan untuk mengonsumsi 1 tablet 2-3 kali sehari dengan rekomendasi dokter.

    Enzyplex hadir dalam bentuk tablet dan sirup yang memiliki komposisi aktif, antara lain Amylase 10.000 unit, Protease 9.000 unit, Lipase 240 unit, Desoxycholic acid 30 mg, Dimethylpolysiloxane 25 mg, sejumlah vitamin B dan vitamin lainnya.

    Aturan Pakai Enzyplex

    Enzyplex sebaiknya dikonsumsi satu jam setelah makan atau bersamaan dengan mengemil sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pastikan Anda mengikuti anjuran dokter dan instruksi pada label obat tentang penggunaan yang tepat untuk menghindari komplikasi pencernaan.

    Efek Samping Enzyplex

    Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi Enzyplex antara lain:

    • Diare
    • Sakit perut atau kram
    • Mual

    Tidak semua orang akan mengalami efek samping ini. Bila efek samping berlanjut atau menjadi parah, penting untuk segera menginformasikan kondisi tersebut pada dokter atau apoteker Anda.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Enzyplex

    Sebelum menggunakan Enzyplex, ada beberapa aspek yang perlu diwaspadai, termasuk:

    • Pastikan untuk mengikuti arahan dokter dalam penggunaanan
    • Penggunaan obat ini bagi ibu hamil dan menyusui memerlukan perhatian khusus Saat mengonsumsi Enzyplex, Anda harus konsultasi dengan profesional medis untuk penggunaan obat, khususnya jika Anda hamil, sedang menyusui, atau merencanakan kehamilan.

    Efek Enzyplex untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Enzyplex membutuhkan pengawasan medis ketika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena bisa berdampak pada janin atau bayi. Selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum memulai penggunaan obat ini dalam keadaan tersebut.

    Interaksi Enzyplex dengan Obat Lain

    Enzyplex dapat berinteraksi dengan jenis obat lainnya dan bisa mengubah efektivitas obat atau meningkatkan risiko efek samping yang tidak diinginkan, seperti:

    • Suplemen kalsium dan magnesium yang berisi antasida dapat mengurangi keefektifan Enzyplex
    • Penggunaan bersama dengan inhibitor alfa-glukosidase dapat menurunkan efektivitas kedua obat tersebut

    Selalu simpan catatan mengenai semua obat yang Anda konsumsi dan berdiskusi dengan dokter atau apoteker Anda untuk menghindari interaksi berbahaya.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait